bdadinfo.com

Wacana Provinsi Baru Mencuat Imbas Perpecahan Pulau Sumatera, Apakah Provinsi Sumatera Timur Benar-benar Terbentuk? - News

Ilustrasi Mungkinkah Provinsi Sumatera Timur Benar-Benar Terbentuk?

Usai munculnya usulan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) di Sumatera Utara beberapa waktu lalu, kini muncul lagi wacana pembentukan provinsi baru.

Wacana pembentukan provinsi baru ini mengundang banyak perhatian. Provinsi baru yang diusulkan akhir-akhir ini adalah Provinsi Sumatera Timur.

Diketahui bahwa pemberhentian sementara pemekaran atau pembentukan daerah otonom baru (moratorium DOB) masih berlaku.

Baca Juga: Cak Imin Pernah Uji Kesaktian Yusril Soal Pemilu 2024, Pengamat: Sejak 1999 Memang Sudah Sakti

Meski begitu, wacana pembentukan provinsi baru ini mencuat karena adanya aspirasi warga, ditambah dengan sejarah yang cukup menarik di wilayah tersebut.

Diketahui bahwa Provinsi Sumatera Timur yang dicanangkan ini memiliki sejarah yang menarik.

Pada periode Republik Indonesia Serikat (RIS) tahun 1947-1950, wilayah Provinsi Sumatera Timur ini pernah menjadi Negara Sumatera Timur.

Baca Juga: Real Count KPU Jumat 16 Februari: Anies-Muhaimin vs Prabowo-Gibran Menang Banyak di Aceh Besar, Siapa Lebih Unggul?

Setelah bersanding dengan 8 karesidenan lainnya, Negara Sumatera Timur berdiri selama beberapa waktu.

Selain itu, terdapat pula 7 karesidenan yang telah berubah menjadi provinsi tersendiri.

7 karesidenan itu diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, dan juga Bangka Belitung.

Baca Juga: Konsisten di 4 Besar, Peluang Zigo Rolanda Raih Kursi DPR RI dari Dapil Sumbar 1 Makin Besar

Sayangnya, Negara Sumatera Timur tidak dapat bertahan lama sehingga dihapuskan dan wilayahnya menjadi tergabung ke dalam provinsi Sumatera Utara.

Saat ini wacana pembentukan provinsi baru Sumatera Timur kembali mencuat ke permukaan, salah satunya karena ingin mengembalikan kejayaan yang terjadi di masa lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat