bdadinfo.com

Pengumuman Hasil Akhir Perhitungan Suara Pemilu 2024 Dilakukan Hari Ini, Sudah Resmi Prabowo - Gibran Menang 1 Putaran? - News

PDIP memimpin dalam Pemilu 2024 (KPU RI)

 

 
- Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebelumnya telah mengumumkan bahwa hasil perhitungan suara secara keseluruhan akan diumumkan, pada tanggal 20 Maret 2024.

Hal tersebut, dijelaskan karena sistem perhitungan suara kali ini bersifat mutlak, dan baru dihitung setelah masa pencoblosan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Sehingga seluruh Masyarakat Indonesia yang mengikuti hak untuk memilih di beberapa TPS tertentu, harus bersabar menunggu sambil berharap hasil perhitungan suara bisa diselesaikan secara keseluruhan.
 
Baca Juga: BUMN China Incar Proyek Jembatan Terpanjang Hubungkan Riau dan Sumatera, Begini Skema Pembangunannya

Hari ini menjadi penentuan bagi ketiga kandidat, untuk melihat apakah hasil perhitungan suara mengalami perubahan, atau justru menetapkan Prabowo - Gibran sebagai pemenang dalam 1 putaran.

Inilah hasil perhitungan suara dari beberapa lembaga survei ternama di Indonesia, dalam data yang dirilis beberapa waktu yang lalu, inilah hasilnya :

1. Poltracking

- Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar = 25.13%
- Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming = 58.51%
- Ganjar Pranowo - Mahfud MD = 16.36%
 
Baca Juga: Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Inilah Kawasan Konservasi Terbesar di Asia Tenggara yang Berlokasi di Sumatera, Luasnya 2,5 Juta Hektar

2. Politika Research Consulting

- Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar = 24.07%
- Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming = 59.22%
- Ganjar Pranowo - Mahfud = 16.71%

3. Litbang Kompas

- Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar = 25.25%
- Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming = 58.45%
- Ganjar Pranowo - Mahfud MD = 16.30%

4. Denny JA

- Anies Rasyid Baswedan - Muhaimin Iskandar = 25.21%
- Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming = 58.06%
- Ganjar Pranowo - Mahfud MD = 16.73%

5. Indikator

- Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar = 25.34%
- Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming = 58.08%
- Ganjar Pranowo - Mahfud MD = 16.58%
 
Baca Juga: 6 Ruas Jalan Tol ini akan Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran 2024, Ada 3 Di Sumatera

6. Charta Politika

- Anies Rasyid Baswedan - Muhaimin Iskandar = 25.55%
- Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming = 57.81%
- Ganjar Pranowo - Mahfud = 16.62%

Bila melihat hasil voting sementara, bisa dilihat pasangan dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka telah melampaui target yaitu 58 persen.

Sehingga masyarakat yang mendukung Prabowo - Gibran, sudah dipastikan akan bersuka cita walaupun baru akan diumumkan secara resmi oleh KPU pada hari ini.

Keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu pada tingkat nasional, akan merangkum semua jenis pemilu, yakni pileg DPRD kabupaten dan kota pada 508 kabupaten dan kota, pileg DPRD provinsi, pileg DPD, pileg DPR, dan pilpres.

Keputusan ini, akan dapat digunakan oleh peserta pemilu yang merasa tidak puas, untuk dijadikan objek gugatan sengketa hasil pemilihan umum, kepada Mahkamah Konstitusi.
 
Baca Juga: Menteri BUMN Tetapkan Jajaran Komisaris Baru PLN, Berikut Susunan Terbarunya

Kemudian pada pemilu legislatif yang diikuti 18 partai politik nasional yakni, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Lalu Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik setempat yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Kini, hari pengumuman telah tiba, bagi pendukung 02, sudah siap dan yakin jika Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka resmi menang dalam pemilu 1 putaran, publik menantikan momen ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat