bdadinfo.com

Konstruksi Jembatan Baru di Banjarmasin Utara Siap Dimulai, Kawasan Sungai Andai - Cemara Ujung Akan Terhubung Tahun ini - News

Pemkot Banjarmasin akan segera membangun jembatan baru di kawasan Sungai Andai - Cemara Ujung untuk mengurangi tingkat kemacetan. Foto: Freepik

 

 

- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dalam waktu dekat akan membangun jembatan di Banjarmasin Utara.

Pembangunan berupa jembatan gantung tersebut direncakan akan memiliki panjang sekitar 80 m yang membentang dari kawasan Sungai Andai - Cemara Ujung.

Adanya jembatan ini sudah sangat dibutuhkan lantaran kemacetan parah yang terjadi di Jalan Sultan Adam hingga persimpangan Jalan Padat Karya.

Wilayah tersebut merupakan salah satu titik kemacetan terparah dari sekitar 40 titik kemacetan yang terjadi di Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menyebutkan ada 40 ribu lebih warga yang mendiami kawasan Sungai Andai.

Sedangkan, penduduk kawasan Sungai Andai setiap harinya keluar masuk melewati akses satu-satunya di perempatan Sultan Adam.

Hal ini tentu menyebabkan kemacetan pada jam-jam sibuk seperti jam berangkat sekolah dan kerja, serta jam pulang kerja.

Namun, jembatan yang akan dibangun dengan anggaran mencapai Rp26 miliar tersebut hanya berupa jembatan alternatif.

Pengguna yang diperbolehkan melewati jembatan gantung ini hanya untuk kendaraan roda dua.

Hanya dalam keadaan darurat saja kendaraan roda empat seperti ambulans dan pemadam kebakaran yang diperbolehkan lewat.

Rencananya, konstruksi pembangunan jembatan gantung ini akan dimulai awal Juli 2024 mendatang.

Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Suri Sumardiyah menyebutkan pengerjaan tahap pertama untuk struktur utama jembatan akan menghabiskan anggaran Rp12,6 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat