bdadinfo.com

Mengungkap 10 Kota Terpadat di Pulau Sulawesi! Pusat Perekonomian dan Pertumbuhan Pesat yang Menakjubkan di Pulau Terbesar Keempat Indonesia - News

Mengungkap 10 Kota Terpadat di Pulau Sulawesi (Freepik.com/@Racool_studio)

- Pulau Sulawesi, pulau terbesar nomor 11 di dunia dan keempat di Indonesia, memiliki luas wilayah 180.680 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 22,724,837 jiwa pada tahun 2022.

Awalnya, Sulawesi merupakan satu daerah otonom yang beribukota di Makassar dengan gubernur pertamanya, Sam Ratulangi.

Baca Juga: Dinas Kominfo Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Meta Data dan Pemetaan Kebutuhan Data

Seiring berjalannya waktu, Pulau Sulawesi terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa daerah otonom untuk mengakomodasi pertumbuhan dan perkembangan wilayah tersebut.

Pada awalnya, Sulawesi terbagi menjadi dua daerah otonom: Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan Tenggara dan Daerah Tingkat I Sulawesi Utara Tengah.

Kemudian, kedua daerah ini kembali dimekarkan menjadi empat wilayah otonom: Sulawesi Selatan dengan ibukota Makassar, Sulawesi Tenggara dengan ibukota Kendari, Sulawesi Utara dengan ibukota Manado, dan Sulawesi Tengah dengan ibukota Palu.

Baca Juga: Soroti Pola Asuh Anak, Erman Safar: Orang Tua Berperan Penting dalam Pendidikan Anak

Pembagian lebih lanjut terjadi pada tahun 2000 dengan terbentuknya Provinsi Gorontalo dari pemekaran Sulawesi Utara, dan pada tahun 2004, Provinsi Sulawesi Barat terbentuk dari pemekaran Sulawesi Selatan.

Makassar, selain menjadi kota terpadat di Pulau Sulawesi, juga merupakan pusat perekonomian terbesar di kawasan ini.

Daftar 10 Kota Terbesar di Sulawesi Berdasarkan Jumlah Populasi

Baca Juga: Indonesia Menggebrak Dunia Energi! Penemuan 'Harta Karun' Hidrogen Bersih yang Akan Mengubah Peta Energi Global dan Menjamin Masa Depan Berkelanjutan

Berikut ini adalah daftar 10 kota besar di Sulawesi berdasarkan jumlah populasi:

1. Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

   - Populasi: 1.652.305 jiwa (2022)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat