bdadinfo.com

Dekat Jalan Tol Trans Sumatera, Berikut 7 Destinasi Wisata di Lampung yang Bisa Dikunjungi - News

Beberapa objek wisata di area Jalan Tol Trans Sumatera  ((djkn.kemenkeu.go.id))




- Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) termasuk dalam Proyek Strategis Nasional dengan panjang mencapai 2.749 km. proyek ini bakal turut membantu pertumbuhan ekonomi, salah satunya sektor wisata, terlebih beberapa destinasi wisata di sekitar ruas JTTS.

Membentang panjang dari Lampung hingga Aceh, Jalan Tol Trans Sumatera yang diinisiasi pembangunannya pada 2015 ini akan sangat membantu menurunkan biaya logistik dan tentunya juga mempercepat jalur transportasi bagi masyarakat Sumatera.

Mudahnya jalur transportasi berarti semakin cepat juga para wisatawan bisa menuju ke destinasi wisata yang mereka inginkan. Sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi, dan kebanyakan termasuk dekat lho.

Baca Juga: Bekedok Tempat Salon, Lima Perempuan Pekerja Pijat Plus-plus Diamankan Satpol PP Padang

Melalui website resmi, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Bobby Irawan, mengabarkan jika keluar dari Dermaga Bakauheni akan ada beberapa objek wisata seperti pantai yang dinikmati.

Bobby menambahkan keluar tol di Bandar Lampung , Metro, Tubaba pun masih banyak spot-spot wisata yang recommended untuk dihampiri

Berikut beberapa objek wisata di Provinsi Lampung yang bisa dikunjungi ketika berpergian dengan Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: 10 Tahun Pembangunan Tak Selesai, Ini Update Terkini Stadion Utama Sumatera Barat, Pembangunan Berlanjut?

1. Pantai Minang Rua

Pantai Minang Rua berada tak jauh dari Pelabuhan Bakauheni, kurang lebih jaraknya sekitar 6 km via Jalan Tol Trans Sumatera.

Daya tarik utama dari pantai yang terletak di Lampung Selatan ini adalah pasirnya yang putih dan lautnya yang jernih.

Di sekitar pantai terdapat bebukitan serta pepohonan yang asri dan enak untuk dijadikan tempat melepas penat sambil menikmati keindahan alam.

Baca Juga: Menjelajahi Keindahan Provinsi Kepulauan Riau, Lokasi Strategis dan Budaya yang Kaya

Ada banyak penginapan yang bisa disambangi bagi wisatawan yang memutuskan untuk menikmati keindahan pantai ini lebih lama lagi.

2. Bukit Pematang Sunrise

Masih di area Lampung Selatan, hanya 3 km dari Pelabuhan Bakauheni, bukit satu ini menawarkan keindahan panorama alam yang hanya bisa dilihat dari tempat berdataran tinggi saja.

Dengan ketinggian sekitar 700 mdpl, wisatawan bisa melihat Selat Sunda dengan beberapa pulau seperti Pulau Kandang Balak dan juga Sangiang.

Baca Juga: Wota Merapat! 3 Member JKT48 Ini Ternyata Asli Palembang, Ada yang Pernah Jadi Anggota Tertua

Ketika matahari mulai terbenam ataupun terbit tempat ini menjadi semakin istimewa berkat garis horizon yang terpampang jelas sedang berdampingan dengan sang matahari

3. Air Terjun Way Kalam

Berjarak sekitar 20 km dari Pelabuhan Bakauheni via Jalan Tol Trans Sumatera, keindahan Air Terjun Way Kalam yang punya tinggi sekitar 40 meter ini sangatlah eksotis.

Dari tempat parkir kendaraan, wisatawan harus berjalan menuruni lembah yang masih sangat asri. Tenang, akses menuju air terjun terbilang mudah karena sudah terpasang papan petunjuk dan tangga kayu yang mudah dan aman untuk dilewati.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Aktivitas Mandiri Kurikulum Merdeka: Pangan Lokal Pengganti Beras

4. Bukit Aslan

Dengan jarak sekitar 10 kilometer dari Gerbang Tol Lematang, Bukit Aslan terletak di ketinggian Bukit Way Gubak di Kota Bandar Lampung.

Salah satu daya tarik utamanya adalah pemandangan yang menakjubkan, termasuk pemandangan Kota Bandar Lampung, Teluk Lampung, dan perbukitan Pesawaran yang terlihat dari kejauhan.

Pengunjung bisa menikmati waktu santai dengan duduk-duduk sembari menunggu matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam dari bukit ini memiliki keindahannya tersendiri.

Baca Juga: Ketua KNPI Sumbar Perintahkan Pengurus yang Merasa Konsumsi Narkotika Mundur dan Rehab, Pasca Penangkapan AS

Di waktu malam, pengunjung juga dapat menikmati kegemerlapan lampu Kota Bandar Lampung yang membuat suasana semakin memukau.

5. Pantai M Beach

Dengan jarak sekitar 16 kilometer dari Gerbang Tol Kalianda, akses ke Pantai M Beach sangatlah mudah dijangkau

Pantai M Beach merupakan salah satu destinasi pantai yang menakjubkan berlokasi dekat Kalianda, Lampung Selatan. Pantai ini memukau dengan hamparan pasir putih yang lembut serta keindahan pepohonan rindang yang melingkupinya.

Saat Anda berada di pantai ini, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan pasir putih yang memukau dan warna laut yang indah terutama saat cuaca cerah. Selain itu, pepohonan rindang di sekitar pantai memberikan tempat berteduh yang nyaman dan asri.

Baca Juga: Canggihnya Proyek Jalan Tol Indrapura Kisaran di Sumatera Utara, Gunakan Sederet TeknologI Ini

6. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Untuk mengunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo, Anda dapat melewati gerbang tol Lematang dengan jarak sekitar 33 kilometer.

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan sebuah situs bersejarah yang menawarkan keunikan dengan daya tarik yang kuat di aspek edukasi sejarah

Situs ini memiliki koleksi peninggalan yang mencakup berbagai periode kronologis. Mulai dari zaman prasejarah, zaman klasik (Hindu-Budha), hingga masa Islam.
Situs ini terletak di Pugung Raharjo dan menawarkan artefak-artefak bersejarah seperti manik-manik, dolmen, menhir, pisau, mata tombak, batu berlubang, batu asahan, batu pipisan, kapak batu, batu trap punden, gelang perunggu, serta keramik asing dari berbagai dinasti.

Baca Juga: Sambo Lolos dari Hukuman Mati, Nama Mantan Kapolda Sumut Kembali Mencuat, Siapa Dia?

7. Monumen Megou Pak

Dengan jarak sekitar 10 kilometer dari Gerbang Tol Menggala, Monumen Megou Pak, atau dikenal juga sebagai Monumen Empat Marga, merupakan sebuah bangunan berornamen relief yang menggambarkan empat tokoh Megou Pak

Keempat sosok yang diabadikan dalam relief ini tampil dengan ciri khas tutup kepala masing-masing marga. Dengan ukurannya yang besar, monumen ini menciptakan kesan yang megah dan unik.

Itulah tujuh objek wisata di Lampung Selatan yang mudah diakses dan termasuk dekat dari Jalan Tol Trans Sumatera. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat