bdadinfo.com

Tol Indrapura - Kisaran Sepanjang 47,75 Km Ditargetkan September 2023 Selesai - News

Tol Trans Sumatera kelanjutan Jalan Tol Indrapura-Kisaran di Sumbar   (Youtube Tollku)





- Masyarakat tidak perlu lagi untuk repot-repot dalam perjalanan jauh hanya untuk menuju ke Sumatera karena dari Presiden Jokowi telah memberikan akses jalan di berbagai titik Tol Trans Sumatera termasuk kelanjutan Tol Indrapura dan Kisaran. Akses ini memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan tol.

Dikutip dari Youtube Tollku, PT Hutama Karya telah memberikan target pembangunan 1 ruas dari kelanjutan proyek infrastruktur Sumatera Barat, yaitu Tol Indrapura – Kisaran sepanjang 47,75 Km ini memiliki seksi 1 yang ditargetkan pada bulan Juni 2022 dan dilanjutkan ke seksi 2 pada bulan September 2023.  

Namun, sekarang kemajuan dalam pengerjaan fisik jalan tol terbagi menjadi 2 seksi adalah seksi 1 Indrapura-Lima puluh sepanjang 15,6Km dan Seksi 2 Indrapura-Kisaran 32,15Km. Dan, kelanjutan dari seksi 2 telah mencapai 87,49% disertai dengan pembebasan lahan hingga 99,59%.

Baca Juga: Bagaimana Insentif Mobil Listrik Bisa Menghemat Biaya Anda: Panduan Lengkap dari SEVA.ID

Direktur PT Hutama Karya, Kuncoro mengatakan proyek pembangunan infrastruktur di Tol Indrapura-Kisaran ini telah dikerjakan secara professional oleh serah terima sementara pekerjaan dalam waktu 3 hari diitung mulai pada Senin 31 Juli 2023 hingga pada Rabu 2 Agustus 2023 lalu telah mencapai 80%.

Beliau memberikan keterangan bahwa jalan tol ini adalah wujud dari komitmen perusahaan dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera yang masih berlanjut sampai September 2023.

"Sebelumnya, dimulai pada Februari 2020 yang telah direncanakan dengan kecepatan 100Km/Jam untuk mempercepat waktu tempuh dalam perjalanan dari Medan ke Kisaran, biasanya 4 jam jadi 1/2 nya," ujarnya.

Ditambahkannya, melalui Tol ini juga akan lebih mempersingkat jarak tempuh dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Kisaran. Perlu diketahui dalam pengeroperasian jalan tol ini supaya memberi keamanan dan kemudahan dilengkapi fasilitas Management System dengan Teknologi Digital Fiber Optic plus beberapa fasilitas pendukung untuk menonjolkan jalan tol ini.

Baca Juga: Deretan Keuntungan Beli Mobil Wuling di Pameran GIIAS 2023, Sampai Tebar Air Ev Hingga Emas Batangan

Fasilitas pendukung lainnya seperti: 2 Simpang Susun, 1 Junction, 2 Gerbang Tol dan 1 Rest Area. Pengerjaan Tol Indrapura-Kisaran dilakukan berbagai Teknologi Digital Construction dilengkapi dengan Survei Digital Fotogrametri, Load Scanner atau Sistem Pemindaian memakai Sinar Laser.

Hal tersebut dilakukan untuk mengukur kapasitas kendaraan secara cepat dan akurat dengan Building Information Modelling (BIM) serta Common Data Environment dari Software BIM Technology meliputi penerapan berbagai teknologi berbasis digital. Oleh karena itu, pekerjaan secara efisien tidak hanya dapat dilakukan dari waktu dan biaya tapi hasil akhir tetap tepat dan akurat.            
         
Dikutip dari bpjt.pu.go.id, Badan Pengatur Jalan Tol menjelaskan jalan Tol Indrapura-Kisaran nanti akan menghubungkan berbagai sentra produksi untuk meningkatkan perekonomian bagi warga yang bertempat tinggal masih disekitar Jalan Tol ini berpotensi besar dalam kemajuan daerah Medan dan sekitarnya.

Baca Juga: Berkunjung ke Taman Siti Nurbaya di Kota Padang, Mengabadikan Cerita Legendaris dari Tanah Minang

Selain itu, bisa memanfaatkan peluang usaha kedepannya dan mempermudah berbagai akses tujuan yang dituju oleh warga sekitar. Proyek ini dibangun senilai investasi Rp.6,04 T. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat