bdadinfo.com

Panjangnya Cuma 2,6 Kilometer Tol Terpendek se-Indonesia Ini Tapi Memiliki Peran Penting di Dunia Logistik, Tahukah Kamu? - News

Jalan Tol Cibitung-Cilincing atau Jalan Tol Cibicil adalah salah satu jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 atau JORR 2 yang rencananya akan menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dan Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Tanjung Priok

- Banyak yang tidak mengetahui Jalan Tol Cibitung-Cilincing atau Jalan Tol Cibicil adalah salah satu jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 atau JORR 2 ternyata jalan tol terpendek se-Indonesia.

Jalan Tol Cibicil Yang menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dan Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

Di mana Jalan Tol Cibicil ini menghubungkan kawasan DKI Jakarta, yaitu dari Cibitung, Kabupaten Bekasi dengan Cilincing, Jakarta Utara.

Baca Juga: Koalisi Kaum Muda untuk Demokrasi dan Perubahan Iklim: Kasih Contoh Politik yang Beretika - Moral pada Anak Muda!

Jalan tol ini terbagi dalam empat seksi. Seksi 1 sepanjang 2,96 kilometer dari kawasan Cibitung hingga Telaga Asih (ruas tersebut telah beroperasi sejak tanggal 31 Juli 2021).

Seksi 2 sepanjang 9,41 kilometer dari Telaga Asih hingga Gabus (ruas tersebut telah beroperasi sejak tanggal 20 September 2022).

Seksi 3 sepanjang 13,09 kilometer dari Gabus hingga Pantaimakmur, Tarumajaya (ruas tersebut telah beroperasi sejak tanggal 20 September 2022).

Baca Juga: Gelar FGD, Koalisi Kaum Muda untuk Demokrasi dan Perubahan Iklim Ajak Anak Muda Pilih Pemimpin yang Peduli Isu Demokrasi dan Perubahan Iklim

Sedangkan Seksi 4 sepanjang 8,56 kilometer dari kawasan Pantaimakmur, Tarumajaya hingga Cilincing, Jakarta Utara. (ruas tersebut telah beroperasi sejak 1 April 2023).

Kehadiran Jalan Tol Cibicil yang merupakan bagian dari Jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) akan menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Serta memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Kini Bisa Bayar Pakai QRIS BRImo di Singapura

Jalan Tol Cibitung Cilincing yang memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,76 Km saat ini telah beroperasi sebanyak 3 Seksi.

Yakni Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 3,03 Km, sudah beroperasi sepanjang 2,65 Km sejak 2021 lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat