bdadinfo.com

Pulau Sulawesi akan Terbagi Menjadi 2 Bagian, Mega Proyek ‘Gila’ Jalur Laut Sepanjang 28 Km akan Dibangun Memisahkan Pulau: Lokasinya di Sulteng! - News

Ilustrasi mega proyek terusan Khatulistiwa yang akan dibangun di Sulawesi Tengah. Proyek jalur laut ini akan membuat Pulau Sulawesi terbagi menjadi 2 bagian yang terpisah. (Dok: ShipLilly)

- Sebuah mega proyek infrastruktur dikabarkan akan hadir di Pulau Sulawesi dalam waktu dekat.

Mega proyek tersebut diketahui merupakan pembangunan sebuah jalur laut atau terusan yang menghubungkan dua perairan di Pulau Sulawesi.

Menariknya. pembangunan mega proyek terusan ini nantinya akan membuat Pulau Sulawesi terbagi menjadi 2 (dua) bagian.

Baca Juga: Beroperasi Sebelum Lebaran Tahun 2024, Jalan Tol Terbaru di Sumatera Utara ini Lakukan Uji Kelayakan: Siap Mudik Lewat Tol Baru?

Hal tersebut dikarenakan mega proyek terusan ini benar-benar membuat Pulau Sulawesi terpisah menjadi dua bagian yang terpisah.

Rencananya, mega proyek terusan ini akan diberi nama Terusan Khatulistiwa dan pembangunannya akan berlangsung di Sulawesi Tengah.

Terusan Khatulistiwa ini direncanakan akan memiliki panjang 28 kilometer dan menghubungkan Selat Makassar dan Teluk Tomini.

Baca Juga: Konstruksi Stadion Teladan di Sumatera Utara Mulai Dikebut PUPR, Stadion Megah Akan Langsung Berdiri di Tahun 2024 ini: Cuma Setahun Pembangunan!

Rencana pembangunan mega proyek Terusan Khatulistiwa ini disebutkan sedang diupayakan oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah.

Adapun mega proyek Terusan Khatulistiwa ini sudah dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulawesi Tengah untuk tahun 2021-2026. 

Upaya membelah Pulau Sulawesi menjadi dua bagian sendiri sejatinya telah hadir sejak beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Asyik! Stadion Berstandar FIFA di Sumatera Utara ini Siap Hadir di Tahun 2024: Konstruksinya Cuma Butuh 1 Tahun, Maret ini Sudah Terlihat Kemewahannya

Hanya saja rencana Terusan Khatulistiwa ini tidak pernah menunjukkan perkembangan yang berarti dari tahun dan ke tahun.

Akan tetapi, belakangan Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah mendorong terwujudnya mega proyek Terusan Khatulistiwa ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat