bdadinfo.com

Dialihkan ke Pengembang Baru, Proyek Jalan Tol di Sumatera Selatan ini Beruntung Bisa Tetap Jalan dan Tidak Mangkrak: Rampung Akhir Tahun 2024 - News

Ilustrasi Jalan Tol Kapal Betung di Suamtera Selatan yang proyeknya bisa terhindar dari mangkrak dan dilanjutkan hingga rampung setelah dipindahkan ke pihak pengembang baru. Tol ini bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Instagram: Kemenpupr)

- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong salah satu proyek jalan tol di Sumatera Selatan.

Bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), pemerintah mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol baru di Sumatera Selatan di tahun 2024 ini.

Satu diantaranya adalah proyek pembangunan infrastruktur Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau yang akrab dengan nama Jalan Tol Kapal Betung.

Baca Juga: Asyik! Jembatan Penghubung Tol Solo-Yogyakarta dan Jalan Tol Trans Jawa Sudah Diaspal: Siap Dilintasi saat Mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024

Adapun proyek Jalan Tol Kapal Betung ini ditargetkan rampung oleh pemerintah di akhir tahun 2024. Tol ini direncanakan memiliki panjang tol lintasan mencapai 111 km.

Jalan Tol Kapal Betung ini nantinya menjadi salah satu ruas jalan penghubung antara Sumatera Selatan dan Jambi. 

Menariknya, Jalan Tol Kapal Betung ini bisa dibilang salah satu proyek pembangunan jalan tol rangkaian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang bernasib mujur.

Baca Juga: Mantap! 2 Jalan Tol di Sumatera Utara Ini Dibuka Gratis saat Mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024: 14 Ribu Kendaraan Siap Melintas

Hal tersebut dikarenakan Jalan Tol Kapal Betung ini sebelumnya nyaris mangkrak dan proyeknya mengalami ketidakjelasan.

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Kapal Betung merupakan proyek garapan dari PT Waskita Karya Persero melalui anak usahanya PT Waskita Sriwijaya tol. 

Namun, proyek Jalan Tol Kapal Betung tersebut kemudian dialihkan ke pihak pengembang lain yaitu PT Hutama Karya Persero.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, 2 Seksi Jalan Tol di Sumatera Utara ini Akan Dibuka Gratis Antisipasi Mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024

Disebutkan, bahwa pengalihan ke pihak pengembang yang baru tersebut dilatarbelakangi oleh kinerja keuangan Waskita Karya yang memburuk.

Kini, setelah dialihkan ke Hutama Karya, Jalan Tol Kapal Betung ini terhindar dari mangkrak dan bahkan bisa diselesaikan pembangunannya di akhir tahun 2024 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat