bdadinfo.com

Indonesia Siap Guncang Asia Tenggara dengan Pembangkit Gas Terbesar! Sayangnya Bukan di Sumatera dan Kalimantan, tapi di Sini ... - News

Indonesia Siap Guncang Asia Tenggara dengan Pembangkit Gas Terbesar (Pexels.com/@NatalieDmay)

- Indonesia akan resmi memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 terbesar se Asia Tenggara dalam waktu dekat.

Pembangkit Gas berkapasitas 1.760 Mega Watt (MW) ini siap beroperasi secara penuh setelah melewati serangkaian test seperti plant reliability run & net dependable capacity test, pada Jumat, 29 Maret 2024 lalu.

Baca Juga: Kemenlu RI Bantah Indonesia Akan Menormalisasi Hubungan Israel Demi Masuk OECD, Singgung Kekejaman di Gaza

PLTGU Jawa-1 dikelola oleh PT Jawa Satu Power (JSP) yang dimiliki oleh konsorsium antara Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dengan kepemilikan 40%, Marubeni 40%, dan Sojitz 20%.

CEO Pertamina NRE John Anis menyatakan apresiasinya kepada seluruh jajaran manajemen dan perwira JSP atas dedikasi dan kerja keras dalam menyelesaikan mega proyek ini.

Baca Juga: Dari Hawai hingga China! 8 Destinasi Wisata Mirip Luar Negeri, Habiskan Liburan Lebaran di Sumatera Barat dengan Surga Tersembunyinya

"Saya ucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada manajemen dan perwira JSP yang menunjukkan kesabaran, persistensi dan determinasi yang luar biasa dalam menghadapi tantangan hingga akhirnya bisa mewujudkan momen yang sangat krusial ini," kata John dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu, 13 April 2024.

Untuk itu, dukungan dari semua pihak terus diharapkan agar PLTGU Jawa-1 dapat menunjukkan operational excellence dan bisa membawa manfaat optimal bagi Pertamina dan tanah air.

Baca Juga: Bus ALS Memang Jantan! Satu-satunya Bus Anak Medan Mampu Taklukkan Tikungan Patah di Kuburan Duo, Bus-bus Sumbar Kena Tekong di Lintasan Sumatera

Dia menambahkan bahwa dengan semua keunikan instalasinya, PLTGU Jawa-1 bisa menjadi salah satu pilar transisi energi yang menjadi kebanggaan Pertamina maupun Indonesia.

"Dengan teknologi yang mutakhir, PLTGU Jawa-1 diproyeksikan akan menekan emisi karbon sebesar 3,3 juta tco2e per tahun," tambah John.

Angka ini berkontribusi signifikan terhadap net zero emission dan menjadi salah satu milestone penting yang tercipta atas sinergi strategis BUMN yakni Pertamina dan PLN, serta swasta Marubeni dan Sojitz.

Baca Juga: Papua Minggir Dulu! PT Freeport Incar Kabupaten Seluma yang Meyimpan Lokasi Harta Karun yang Masih Perawan Belum Tersentuh Sebesar 1 Juta Ons Emas

"Juga pihak lainnya yang memiliki komitmen tinggi untuk bersama-sama mewujudkan transisi menuju energi bersih di Indonesia. Terimakasih atas dukungan terbaiknya dari semua pihak," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat