bdadinfo.com

Seluas 2.900 Hektare! Bakal Dibangun Mega Proyek Terowongan Multi Utilitas IKN Digadang Kalahkan Cisumdawu di Indonesia, Usung Konsep ‘Kota Modern’ - News

Terowongan MUT IKN, Kaltim (Freepik)

- Infrastruktur mega proyek strategis nasional di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur masih terus berlanjut dengan mengusung konsep kota modern. 

Rencananya proyek Terowongan Multi Utilitas IKN inilah digadang bakal kalahkan Cisumdawu di Indonesia yang beroperasi pada Agustus 2024 mendatang.

Dalam tahap awal, pembangunan jaringan telekomunikasi tersebut saat ini tengah difokuskan di KIPP 1A IKN. 

Baca Juga: Kabupaten Ngawi Tangis Bahagia! Segera Dimulai Pembangunan Proyek Jalan Rusak Sebanyak 12 Ruas Jalan Daerah Jadi Mulus Kembali

Telekomunikasi sedang difokuskan di KIPP 1A IKN dengan luas wilayah kurang lebih sekitar 2.900 hektar.

Pasalnya merencanakan pusat perkotaan modern dengan prinsip Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai Future Smart Forest City of Indonesia. 

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Kementerian PUPR.

Baca Juga: Persahabatan Sejati! Komitmen HK Satukan Aceh dan Sumatera Utara Bakal Terkoneksi Dalam Waktu Dekat, Kapan Beroperasi Penuh?

Hingga saat ini terus mendorong kepada para kontraktor untuk bisa berinovasi dalam penggunaan teknologi mulai dari perencanaan hingga pembangunan. 

"Pembangunan IKN merupakan kesempatan yang baik untuk menata kota sesuai dengan teori, aturan, dan sebagainya,"  

"karena pembangunan kota betul-betul dimulai dari awal. Pembangunan IKN bukan hanya pembangunan fisik saja," ucap Danis.

Baca Juga: Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan RSUP Dr. Sardjito dan Gedung Estetika RSUP Prof. DR. I Demi Tingkatkan Pelayanan dan Akses Kesehatan Terjamin!

"tetapi di situ ada transformasi kehidupan dan transformasi pekerjaan terutama dalam hal pemanfaatan teknologi," ujar Danis di Kantor Kementerian PUPR pada Jumat 18 Agustus 2023. 

Demi membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara harus dengan menggunakan Terowongan Multi Utilitas (MUT). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat