bdadinfo.com

Baru Rampung! Pembangunan Bendungan Megah Baru Dibangun di Kabupaten Kendari, Digadang Jadi Multifungsi sampai Muat PLTA Tertinggi di Provinsi... - News

Bendungan Pelosika, SulTeng (Unplash )

- Pembangunan mega proyek konstruksi Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara yang ada di Kabupaten Kendari dinyatakan rampung 2024. 

Bendungan Pelosika yang baru saja rampung 2024 dan rencananya dicanangkan sebagai bendungan terbesar ketiga di Indonesia. 

Pasalnya Bendungan Pelosika yang berlokasi di Indonesia bagian timur dengan total kapasitas tampungan sebesar 774,16 juta meter kubik. 

Baca Juga: Isu Rizky Febian dan Mahalini Nikah Beda Agama Dibantah, Sule Angkat Bicara Pastikan Pernikahan Digelar secara Islam

Sebabnya Bendungan multifungsi sebagai fungsi utamanya dalam mengairi daerah irigasi seluas 22.764 Hektare. 

Tak hanya itu melainkan bendungan juga sebagai penyedia air baku sebesar 750 kuartal 1 per detik dengan mereduksi banjir.

Dengan mereduksi banjir sebesar 44,56 persen dan dialiri Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) setinggi 2 x 10 MegaWatt. 

Baca Juga: Hore! Jalan-jalan dari Pekanbaru ke Bangkinang Cuma 30 Menit, Riau dan Sumbar Semakin Dekat di 2024 Berkat 3 Jalan Tol Ini 

Kementerian PUPR dan Pemerintah Tiongkok yang diwakili oleh China International Development Cooperation Agency (CIDCA). 

CIDCA sepakat menandatangani naskah Exchange of Letter untuk pembangunan Bendungan Pelosika, Sulawesi Tenggara.

Terlebih sebelumnya proyek Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Tiongkok sebesar 28,19 Juta RMB Yuan atau senilai Rp56,1 miliar. 

Baca Juga: Siap-siap Sumatera Barat, Proyek Strategi Nasional yang Telan Anggaran Rp9,8 Triliun Ini Ditargetkan Bakal Selesai Juni 2024

Sementara Konstruksi Bendungan Pelosika yang dijadwalkan untuk dimulai pada tahun 2020.

Bendungan Pelosika direncanakan memiliki volume sebesar 822,56 juta meter kubik dan bisa mensuplai air baku sebesar 0,8m kubik per detik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat