bdadinfo.com

Gorontalo Ukir Kejuaraan! Demi Suplai Air Bersih di 2 Kabupaten 1 Perkotaan Inilah Semakin Tunjukkan Progres Pengerjaan Konstruksinya, Rampung 2024? - News

Bendungan Terbesar di Gorontalo  (Freepik)

- Progres konstruksi pembangunan pengerjaan proyek Bendungan Bulango Ulu yang berlokasi di Gorontalo sudah mencapai 65 persen.

Sejak tahun 2019 lalu PT Brantas Abipraya Persero sudah memulai pembangunan Bendungan Bulango Ulu. 

Pembangunan Bendungan Bulango Ulu terletak di Desa Tulo’a Kec. Bulango Utara, Desa Mongolingo dan Desa Owata di Kec. Blango Ulu, Kab. Bone Bolango, Gorontalo. 

Baca Juga: Wow! Lewat Jalan Tol Terbaru Sumatera Utara ini Mobil Boleh Ngebut sampai 100 Km Per Jam: Gratis Mulai Hari ini

Bendungan yang termasuk dalam bagian daftar Proyek Strategis Nasional atau PSN pun ditargetkan rampung pada tahun 2024 ini.

“Kehadiran Bendungan Bulango Ulu ini tentu nanti dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat di Gorontalo,”

“Diantaranya sebagai penyuplai air irigasi lahan seluas 4.193 hektare dan mampu menyuplai air baku sebanyak 2,2 meter kubik per detiknya,” ujar Muhammad Toha Fauzi, Direktur Operasi I Brantas Abipraya.

Baca Juga: Jembatan di Bukik Batabuah Goyang Dihantam Banjir Bandang, BNPB Siapkan Pengganti

Bendungan Bulango Ulu ini dibangun memakai tipe urugan batu dengan inti tegak dengan luas genangan hingga 614,72 hektare. 

Selain bisa menyuplai air irigisi, bendungan yang dapat berfungsi sebagai pengendali banjir di wilayah hilir Sungai Bolango sebanyak 403,31 meter kubik per detik. 

Diketahui juga bendungan ini nantinya bisa mereduksi banjir sebesar 85,38 persen. 

Baca Juga: Dorong Percepatan Perbaikan Infrastruktur Rusak Akibat Bencana, Bupati Pesisir Selatan Audiensi dengan Kementerian PU

Sementara untuk sumber air yang ditampung sendiri dari DAS Bolango dengan luas 243,19 kilometer persegi.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia, menerangkan, proyek bendungan dengan kapasitas tampung 84 juta meter kubik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat