bdadinfo.com

Calvin Verdonk Resmi Menjadi WNI dan Bermain di Timnas Indonesia, Bakal Debut Menghadapi Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 - News

Calvin Verdonk resmi jadi WNI dan siap dimainkan saat Timnas Indonesia lawan Filipina. (PSSI)



- Persiapan Timnas Indonesia menghadapi Timnas Irak dan Filipina, pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia semakin serius dilakukan oleh skuat asuhan Shin Tae Yong.

Selain telah menjalani pertandingan uji coba menghadapi Tanzania pada Hari Minggu, 2 Juni 2024, Timnas Indonesia kembali mendapatkan amunisi tambahan bagi skuat Merah Putih

Setelah Justin Hubner, Ivar Jenner, Ragnar Oratmangoen dan Nathan Tjoe-A-On yang resmi menjadi WNI dan bermain dengan Timnas Indonesia, Calvin Verdonk yang menjadi sorotan utama.

Baca Juga: Jokowi Baik Hati! Sempat Mangkrak Selama 22 Tahun, Pembangunan Proyek Jalan Tol di Jakarta Timur Kembali Disuntik Dana Jumbo Rp7,2 Triliun

Calvin Verdonk, menjadi pemain Naturalisasi berikutnya yang resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), dan siap memperkuat Timnas Indonesia Senior bersama dengan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Pemain dengan nama lengkap Calvin Ronald Verdonk, merupakan pemain keturunan Indonesia dari ayah, Ronald Alting Siberg yang lahir di Meulaboh, Aceh pada tanggal 6 Februari 1958.

Sementara Ibu Verdonk, Tamara lahir di Dordrecht pada tanggal 18 September 1975, sehingga Calvin merupakan pemain keturunan Indo-Belanda yang saat ini bermain di Eredivisie.

Baca Juga: Delegasi Kota Padang Meriahkan Karnaval Budaya Nusantara di Rakernas APEKSI Balikpapan

Pemain kelahiran 26 April 1997 di Dordecht, Belanda, merupakan andalan di NEC Nijmegen, bahkan Verdonk hampir selalu menjadi starter line up dari 33 pertandingan yang sudah dilakoni.

Dari 33 laga yang dijalani pada musim 2023-24, Verdonk hanya satu kali masuk sebagai pemain cadangan, sehingga memberikan catatan yang menarik bagi Shin Tae Yong.

Dengan menyelesaikan proses pengambilan sumpah untuk Verdonk dengan waktu cepat. Karena Verdonk baru mendapat restu dari anggota DPR RI sehari sebelum disumpah menjadi WNI.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Apresiasi Inovasi Lingkungan dari Mitra Binaan PLN pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Namun, Erick Thohir menyebutkan bahwa proses Verdonk menjadi WNI, baru bisa terwujud berkat kerja sama dengan para pemangku kepentingan di Gedung DPR.

Setelah mendapat persetujuan dari Komisi X dan Komisi III DPR RI, permohonan pemberian kewarganegaraan Verdonk bersama dengan Jens Raven, kemudian disetujui dalam rapat paripurna anggota parlemen.

Sesudah disumpah menjadi WNI, Calvin tentu memiliki niat tidak hanya memperkuat Timnas Indonesia, tetapi ingin membantu Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Goes to School, PLN UP3 Solok Ajak Siswa Peduli Bahaya Listrik Sejak Dini

Kehadiran Verdonk tidak hanya menambah kekuatan di lini belakang Timnas, Tetapi juga membuat persaingan semakin ketat bagi pemain yang ingin mendapat kesempatan untuk tampil di Starting XI Garuda.

Selain Verdonk, saat ini skuat Timnas Indonesia memiliki 12 pemain di posisi pertahanan seperti Jay Idzes, Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Arhan Pratama, Sandy Walsh, hingga kapten Asnawi Mangkualam.

Tetapi pemain lokal yang paling sering diandalkan oleh Pelatih Shin Tae Yong, dalam 1 - 2 tahun terakhir di timnas Indonesia adalah, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Rizky Ridho dan Elkan Baggot.

Baca Juga: IKN Melangkah Maju! Progres 72 Persen, Istana Kepresidenan IKN Optimis Tuntas Juli 2024: Jokowi Siap Pindah Kantor Asalkan Hal Ini Terpenuhi…

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir merasa bangga karena dengan Verdonk resmi menjadi WNI dan memperkuat Timnas Indonesia, tentu ada harapan agar pemain memiliki kekuatan yang merata di setiap semua lini.

"Targetnya harus memiliki 2x11 pemain untuk timnas, dengan kekuatan merata dan seimbang, sehingga jika ada pemain absen, atau tidak bermain di timnas, maka kita memiliki pemain pengganti dengan kualitas sama," tegas Erick, sebagaimana dikutip dalam ungkapan yang disampaikan pada hari Rabu, 5 Juni 2024.

Untuk itu, Erick Thohir berharap siapapun yang berminat mengenakan seragam Merah Putih, harus memiliki komitmen, atau keingingan kuat untuk bisa meraih kemenangan saat bermain di Timnas.

Baca Juga: Sandra Dewi Diisukan Jadi Tersangka Kasus Timah Korupsi Timah Rp300 T, Intip Kumpulan Tas Branded Istri Harvey Moeis Senilai Ratusan Juta

"Intinya, pemain yang memiliki niat untuk main di Timnas Indonesia, harus bisa serius dan fokus untuk mendapat kesempatan bermain bersama Timnas Indonesia. Timnas ingin diisi oleh pemain yang memiliki tekad kuat, dan mati-matian demi Merah Putih," tambahnya.

Walaupun sudah resmi masuk skuat Timnas Indonesia, tetapi Verdonk belum bisa bermain saat menghadapi Timans Irak pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F pada Kamis, 6 Juni 2024.

Karena pendaftaran pemain untuk menghadapi Irak sudah ditutup, sehingga baru melakoni debut saat menghadapi Timnas Filipina di laga terakhir fase kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Selasa, 11 Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: Harta Karun Emas Raksasa di Papua Menggoda Hingga jadi Incaran Perusahaan Asing, Benarkah Terbesar di Dunia? Bukti-bukti Terungkap Perlu Diketahui

Kini, Calvin Harus membuktikan niat dan komitmen yang tinggi saat membela Timnas Indonesia, apalagi Timnas Indonesia berada dalam posisi yang menguntungkan agar bisa lolos ke putaran berikutnya.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua, dengan 7 poin, sehingga kehadiran Calvin di skuat menghadapi Filipina bisa menjadi pemain yang layak diperhitungkan bagi Pelatih Shin Tae Yong.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat