bdadinfo.com

Kemajuan Sulteng! Pasca Tsunami di Sulawesi Tengah Bersama NTB Nimpa 6 Tahun Silam, Proyek Rekonstruksi Kerjasama PETRA Dilanjutkan Kembali Jadi Baru - News

Proyek PETRA Pascabenca Kota Palu (Freepik)

- Pembangunan Rekonstruksi Pascabencana “PETRA” jalin kerjasama UNDP di Sulawesi Tengah dan NTB Sejak 2019 bakal dilanjutkan kembali.

UNDP, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi sedang melaksanakan serah terima fasilitas yang sudah direkonstruksi melalui Proyek PETRA. 

Bangunan 19 fasilitas yang akan diperbaiki tersebut meliputi 4 sekolah di kota Palu, 7 sekolah di kab. Parigi Moutong, 7 sekolah dan 1 puskesmas di kab. Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.  

Baca Juga: Diikuti 273 Qori dan Qoriah, Padang Utara Kecamatan ke-8 Selenggarakan MTQ

Kendati penyerahan fasilitas telah rampung dibangun kembali itulah ditandai dengan penandatanganan bersama naskah berita acara serah terima asset (BAST) antara UNDP Indonesia dan BNPB. 

Progres yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima operasional (BASTO) antara BNPB dan Pemerintah daerah provinsi Sulawesi Tengah. 

Sulawesi Tengah, Kota Palu, kab. Sigi dan kab. Parigi Moutong menjadi ke-19 fasilitas tersebut bisa secepatnya difungsikan.  

Baca Juga: Pj Wako Padang Dorong Pelaku IKM Punya Desain Kemasan yang Menarik

Sebelum dilaksanakan BAST ke 19 fasilitas tersebut, perwakilan dari berbagai direktorat di BNPB, Bappenas, Kementrian Keuangan, OPD terkait pada tingkat provinsi Sulawesi. 

Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Parigi Moutong sudah melaksanakan verifikasi lapangan bersama pada Sabtu 22 Juni 2024.  

Diketahui progres verifikasi bersama adalah bagian dari upaya memastikan kondisi ke 19 fasilitas tersebut berada dalam kondisi yang layak dan baik untuk operasional. 

Baca Juga: Dicemooh Fans Timnas Inggris Usai Imbang Lawan Slovenia, Gareth Southgate Beri Tanggapan Begini

Hasil temuan dari verifikasi bersama tersebut kemudian akan digabungkan dan dijadikan satu sebagai lampiran dalam naskah BAST dan BASTO.  

“Upaya-upaya pemulihan pascabencana memerlukan sinergi dan kolaborasi semua pihak. Dan apa yang sudah dilakukan PETRA,” tutur Johny.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat