bdadinfo.com

Sebentar Lagi Bengkulu punya Terowongan Sepanjang 7 Km dan 352 Meter di Bawah Pegunungan Bukit Barisan - News

Ilustrasi (images.app.goo.gl)





- Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) merupakan salah satu mega proyek pemerintah yang akan menyambungkan berbagai kota di Pulau Sumatera melalui sebuah jalan tol.

Proyek jalan tol di Pulau Sumatera sendiri pada prosesnya termasuk proyek yang sangat sulit dikerjakan mengingat medan yang terjal dan berbagai aspek lainnya. Termasuk keberadaan Pegunungan Bukit Barisan yang membentang melewati beberapa wilayah salah satunya Bengkulu.

Pada proyek Jalan Tol Ruas Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan Curup, Bengkulu tersebut direncanakan akan dibuat terowongan sepanjang 7 KM yang akan menembus Pegunungan Bukit  Barisan pada kedalaman 352 meter.

Baca Juga: Pernah dengar Holat? Ikan Bakar Kesukaan Raja Tapanuli Selatan Ini Punya Rasa Istimewa

Dengan lokasi yang sangat ekstrim berada di 352 di bawah Pegunungan Bukit Barisan maka bukan tidak mungkin para pengguna jalan tol nantinya akan merasakan sensasi yang luar biasa saat melewatinya.

Meski bukan yang terpanjang akan tetapi proses pengerjaan terowongan pada proyek Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu tentunya akan membutuhkan biaya yang sangat besar mengingat para pekerja harus melubangi Pegunungan Bukit Barisan.

Selain terowongan yang berada di kedalaman 352 meter di bawah Pegunungan Bukit Barisan, kondisi lain yang membuat ruas Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu cukup ekstrim adalah rute yang akan melewati lembah-lembah curam di pegunungan tersebut.

Baca Juga: 6 Suku Paling Sakti dan Terkuat Indonesia yang Ditakuti Negara Asing, Salah Satunya Ada di Sumatera

Jalan tersebut akan dihubungkan melalui sebuah jalan layang yang berdiri pada lembah curam yang nantinya tinggi pilar penyangga jalan tersebut akan berukuran kurang lebih 45 hingga 90 meter.

Proyek Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu memiliki panjang 95,8 km yang juga direncanakan akan diintegrasikan dengan Pelabuhan Balai di Provinsi Bengkulu untuk mempermudah perpindahan logistik dan mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan.

Adapun pemerintah menilai, dengan adanya ruas Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu tersebut dapat mempercepat waktu tempuh yang jika telah rampung dikerjakan para pengguna jalan hanya membutuhkan 1-2 jam perjalanan dari Bengkulu ke Lubuklinggau.

Baca Juga: Distribusi BBM Bersubsidi di Daerah 3T Perlu Dukungan Pemerintah, Termasuk di Sumatera Barat

Tol tersebut akan terdapat tiga seksi diantaranya: Seksi satu Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 Kilometer, Seksi dua Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 Kilometer, dan Seksi tiga Taba Penanjung - Bengkulu (17,6 Kilometer. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat